Pengalaman adalah guru terbaik


berbagi pengalaman, baik sukses atau gagal, akan merupakan bantuan bagi lebih banyak orang untuk sukses. jangan kamu kubur pengalamanmu, biarkan dia menjadi guru !

.

Kamu telah melangkah, mengalami apa yang bisa menjadi pelajaran bagi orang lain ? Apa yang kamu alami bisa jadi suatu kesuksesan atau kegagalan. Ada pencapaian yang kamu raih, atau kesalahan kamu lakukan ? Berbagilah melalui tulisan sebagai bahan kajian orang lain melakukan dengan lebih mudah, lebih baik, lebih berdampak.


Sebagai contoh kamu mempunyai pengalaman berdagang madu hutan ? Dan kamu boleh berbagi tentang pengalaman apapun, misal tentang berdagang properti, beternak ayam kampung, atau pengalamanmu mengajar baca tulis al-Qur'an di masjid/mushola. Pengalamanmu merakit IoT, menuliskan program komputer atau melakukan ekspedisi jurnalistik juga bisa dituliskan!

Langkah ke-1
Temukanlah suatu pengalaman dimana kamu berhasil atau gagal ! Ini tidak mudah. Kamu harus mempunyai keberanian, kejujuran dan keterbukaan terhadap diri sendiri. Sebagai contoh kamu mempunyai pengalaman berdagang madu hutan ? Jelaskanlah kapan (when) dan dimana (where) peristiwa ini kamu alami. Tuliskan dengan ringkas kesuksesan atau kegagalanmu. Apa yang kamu berhasil capai. Apa kesalahan yang kamu lakukan.

Langkah ke-2
Ungkapkanlah latar belakang yang memicu kamu mempunyai pengalaman tsb. Sebagai contoh terkait pengalamanmu : Mengapa kamu menjadi pedagang madu hutan ? Siapa yang mendorong kamu berdagang madu hutan ? Apa yang ingin kamu capai ? Berapa target penjualan yang kamu awalnya perjuangkan ?

Langkah ke-3
Ungkapkanlah apa alternatif-alternatif tindakan kamu saat itu. Kembali terkait pengalaman berdagang madu hutan. Selain berdagang madu hutan, apa pilihan yang tersedia di depanmu saat itu. Bagaimana kamu membandingkan alternatif-alternatif tersebut. Mengapa pada akhirnya kamu mengambil keputusan menjadi pedagang madu hutan ?

Langkah ke-4
Apa yang kamu lakukan saat memulai ? Bagaimana kamu memulai. Apa peluang dan ancaman yang kamu temukan dalam perjalananmu ? Bagaimana skor akhir-mu ? Jika skor adalah antara 0 sampai dengan 100, berapa skor-mu? Apa yang berhasil kamu capai? Apa yang belum berhasil kamu capai ?

Langkah ke-5
67% tulisanmu adalah tentang kekuatan yang ada saat kamu mengalami peristiwa ! Apa kekuatan yang ada dan telah mendukung pencapaian kamu ? Sebagai contoh terkait pengalaman berdagang madu hutan, apa kekuatan yang ada sedemikian sehingga kamu bisa mendapatkan pemasok madu hutan yang terjamin kualitasnya dan dengan harga yang kompetitif ?
Dengan kekuatan ini, apa peluang yang termanfaatkan ? Apa ancaman yang terjawab ?

Langkah ke-6
Menurutmu siapa saja yang bisa mempunyai kekuatan yang mirip ? Bagaimana orang bisa mengetahui bahwa dirinya mempunyai kekuatan ini ? Jika orang mempunyai kekuatan ini, apa yang bisa dilakukan ?

Langkah ke-7
Apa kelemahan yang ada dan telah menjadi kendala yang kamu alami ? Sebagai contoh terkait pengalaman berdagang madu, apa kelemahan yang ada sedemikian sehingga kamu tidak berhasil mendapatkan loyalitas konsumen ?
Dengan kelemahan ini apa peluang yang tidak termanfaatkan, apa ancaman yang menjadi tidak terjawab ?

Langkah ke-8
Menurutmu siapa saja yang bisa mempunyai kelemahan yang mirip ? Bagaimana orang bisa menyadari akan kelemahan ini ? Apa yang harus dilakukan orang jika mempunyai kelemahan ini ?

Langkah ke-9
Kamu telah berada di masa depan, relatif terhadap saat kamu menjalani hal-hal di atas. Melihat kembali ke belakang, menurutmu apa ayat al-Qur'an yang saat itu telah coba kamu jalankan, apa ayat al-Qur'an yang pada waktu itu belum kamu pahami ? Panduan Islam apa yang seharusnya diperhatikan orang-orang di industri atau bidang ini ?

Langkah ke-10
Meluas ke industri atau bidang dari pengalamanmu di atas, apa mimpi yang boleh menjadi imajinasi ? Mengapa industri atau bidang ini akan menjadi semakin menarik di masa depan ? Bagaimana sains dan teknologi mungkin memunculkan pengalaman berbeda ? Kesuksesan apa yang bisa dicapai dengan lebih baik ? Apa pertanyaan-pertanyaan yang bisa dimunculkan ?

209 Views

Comments