Tulisanmu : Mimpi, Perlawanan dan Jejakmu !


kamu bisa menulis! tentang ilmu, pengalaman dan gagasan. bersama menjadi lebih taat, lebih kuat, lebih bermanfaat.

.

Selama ini bagaimana kita mendapatkan ilmu, pengalaman dan gagasan ? Sebagian besar dari apa yang ditulis orang ! Di antaranya melalui Twitter, Instagram, Facebook, WhatsApp, Line. Juga melalui berita dari media online seperti Kompas, Republika dan Vivanews. Banyak manfaat telah kita dapatkan dari mereka yang menulis ! Dalam cakupan lebih luas, tulisan bisa kita dapatkan berupa video di Youtube, foto di Instagram atau suara sebagai podcast.


Kamu pun bisa mempunyai hidup yang bermanfaat dengan menulis!. Apa yang kita alami bisa kita sebarluaskan tanpa mengurangi apa yang kita miliki. Bahkan dengan menuliskannya, kita akan mendapatkan pertanyaan, saran dan kritik yang bisa bermanfaat bagi diri kita sendiri agar semakin taat, kuat dan bermanfaat. Tulisan kita bukan hanya akan membuat kita menyebarluaskan manfaat, tetapi memungkinkan kita melakukan introspeksi, muhasabah, evaluasi diri. Dengan cara ini kita akan mengetahui apa saja yang bisa kita perbaiki agar kita menjadi pribadi Muslim yang lebih baik. Mengapa ? Karena tulisan kita akan mendapatkan pertanyaan, saran dan kritik!


Kamu tidak perlu menunggu menjadi profesor untuk menulis. Tidak ada yang melarang kamu menulis meski kamu tidak mengenyam pendidikan di kampus terbaik seperti UGM, ITB atau IPB! Bahkan tidak ada yang menghambat kamu menulis meski kamu hanya anak seorang petani, nelayan atau buruh. Menulis adalah peluang amal yang terbuka bagi setiap rakyat Indonesia.


Imajinasikan bagaimana kawan-kawan, keluarga atau tetangga bisa menjadikan tulisan kamu sebagai minuman segar ! Membaca tulisanmu, mereka menjadi mendapat gizi bagi mereka berpikir, merenung dan menghidupkan imajinasi. Tulisanmu bisa membuat mereka terdorong untuk bisa lebih hidup, lebih berdampak, lebih bermakna. Bahkan pun jika tulisan kamu jelek, mereka mempunyai celah untuk maju dengan menyadari bahwa : saya bisa menulis lebih baik dari tulisan kamu!


Alamilah petualangan menulis ! Tulislah meski tentang masalah yang kamu temukan dalam perjalanan hidupmu. Tentang pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu temukan jawabannya. Tentang ketidapuasanmu atas apa yang berlaku di dalam masyarakat yang kamu hadapi !

Tidak selalu tulisan tentang ilmu pengetahuan yang canggih! Atau kajian Islam yang penuh dalil. Atau tentang gagasan yang visioner. Kamu bisa menulis tentang apa yang kamu alami! Apa yang kamu alami adalah suatu kekayaan yang hanya kamu yang memilikinya. Exclusive ! Tulisan tentang apa yang kamu alami menjadi suatu yang exclusive karena dari sisi siapa (who), dimana (where), kapan (when) adalah tidak bisa dituliskan lebih baik dari pada kamu sebagai pelaku dalam apa yang telah terjadi.

Lihatlah keluarga miskin di sekitarmu. Ini bisa dijadikan pusat perhatian tulisanmu. Apa yang kamu temukan ? Apa yang seharusnya dilakukan oleh lembaga dakwah, oleh pemerintah, oleh bank syariah ? Kamu bisa menuliskan pemahamanmu tentang ayat-ayat al-Quran terkait kemiskinan, pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraan sosial. Kamu bisa menuliskan pengalamanmu sendiri bagaimana keluar dari lingkaran kemiskinan. Kamu bisa menuliskan tentang gagasanmu atau pengalamanmu dalam pengentasan kemiskinan. Sebagai contoh melalui perdagangan ?


Jika kamu seorang profesional, mempunyai pengalaman bekerja di perusahaan (tidak harus perusahaan terkemuka!) kamu bisa berbagi tentang pengetahuan yang kamu miliki! Kamu bisa menulis tentang manajemen organisasi, tentang strategi bisnis, keuangan dan pemasaran. Atau tentang software engineering, tentang otomatisasi industri dll. Kamu bisa menuliskan gagasanmu atau pengalamanmu bagaimana sains dan teknologi bisa diterapkan di berbagai bidang seperti pendidikan, pertanian maupun pemberdayaan desa.


Kamu bisa juga menuliskan tentang mimpimu, sebagai contoh tentang bagaimana kehidupan modern yang peduli dengan lingkungan hidup. Banyak hal bisa ditulis di sini. Tentang isu-isu lingkungan hidup terkait hutan dan pesisir. Bagaimana pandangan Islam terkait dengan isu-isu ini ? Bagaimana lembaga dakwah bisa berbuat mengatasi isu-isu di bidang ini ? Biarkan tulisanmu membuka pertanyaan, kritik dan saran bagi kemajuan peradaban manusia di muka bumi.


Sebagai ilustrasi! Hidup di desa dialami oleh jutaan rakyat Indonesia, termasuk kamu. Hidup di desa bukan sesuatu yang unik. Tetapi kamu, desamu dan hidupmu adalah unik. Kamu harus menuliskan tentang hidupmu dan desamu, karena tidak ada orang lain yang lebih mempunyai kewajiban menuliskannya dibanding kamu. Jangan biarkan orang lain menuliskan apa yang sesungguhnya tidak terjadi di desamu. Imajinasikan bahwa tulisanmu seolah Prasasti Singhasari tentang mimpi, perlawanan dan jejakmu!

Sumber gambar ilustrasi :
https://anangpaser.wordpress.com/2012/06/07/prasasti-singhasari/ 

213 Views

Comments